55,2 juta UKM butuh dukungan IT

55,2 juta unit upaya-upaya kecil serta menengah di sederat wilayah indonesia memerlukan dukungan kooperasi dan teknologi, sementara jumlah koperasi selama indonesia 192 ribuan, kata menteri koperasi dan ukm syarief hasan.

itu artinya baru dibutuhkan penambahan kasus koperasi khusus supaya wilayah pedesaan. tapi tentunya harus dilengkapi melalui teknologi bersistem Informasi, kata syarief saat berkunjung ke kampar, riau, supaya meresmikan kabupaten tersebut sebagai kabupaten koperasi nasional, selasa.

menkop memperkirakan sekitar 50 persen dari 192 ribu koperasi berada selama pedesaan, tergolong desa-desa tertinggal.

dia menyebutkan para pelaku ukm di sejumlah desa tertinggal tak maju, malahan terancam gulung tikar.

Informasi Lainnya:

untuk itu, kementerian koperasi serta ukm membentuk web yang mensinerhikan ukm serta koperasi dengan dukungan teknologi.

syarief mengatakan telah waktunya koperasi dan ukm memanfaatkan teknologi, terlebih teknologi info dan komunikasi (tik) yang mampu mendongkrak produktivitas serta kinerja.

teknologi menurut syarief bisa meningkatkan daya saing pilihan, jasa juga kinerja koperasi serta ukm indonesia, serta menurunkan biaya operasional.

kami mengharapkan koperasi beralih daripada sistem pembukuan manual ke sistem akuntansi digital juga terintegrasi, ujarnya.

menurut dia, persentasi ukm dalam indonesia setiap tahun selalu meningkat melalui rata-rata tumbuh 7 - 8 persen. ketika ini tercatat 55,2 juta unit ukm dalam indonesia juga diprediksi adalah 58 juta unit selama 2014, sementara koperasi, banyak kurang lebih 192.000 unit.