Sejarah demokrasi Indonesia pengaruhi politik ASEAN

proses perjalanan demokrasi pada indonesia dari jatuhnya rezim presiden soeharto di 1998 hingga sekarang membawa pengaruh bermanfaat terhadap kebijakan politik luar negeri negara-negara asean, papar seorang peneliti.

di asean, indonesia konsisten pada mempromosikan demokrasi serta fondasi hak asasi manusia, setelah mereka bertransformasi, juga itu tidak tidak sulit karena ada alternatif rintangan, tutur peneliti politik serta hubungan internasional university of south california donald e. weatherbee pada pemaparan kemajuan politik luar negeri indonesia dan diadakan lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) di jakarta, jumat.

profesor dan menulis buku pertamanya perihal sikap politik soekarno (1966) ini mengatakan jalan berliku indonesia di memulihkan kepercayaan negara-negara sahabat setelah reformasi 1998.

perjuangan supaya menyelaraskan demokrasi, ujarnya, ditandai daripada bagaimana negara ini mencoba mereformasi aspek-aspek penting yang mempunyai luka manakala mengingat era pemerintahan sebelum 1998, semisal keamanan sipil serta hak asasi manusia (ham).

Informasi Lainnya:

pembentukan komisi nasional ham setelah 1998 serta adalah bentuk pujian weatherbee, walaupun masih lebih ada dulu perhatian rumah dan harus segera diselesaikan.

selain tersebut, proses penyusunan kebijakan publik dan asalnya hanya menggandeng pemerintah, kini melibatkan banyak ahli pada bidangnya seperti praktisi, ilmuwan juga lain-lain sudah mengembalikan nilai demokrasi juga menghargai azas manfaat.

ini membuka kepercayaan, serta bisnis semua negara untuk menjalin hubungan lebih dekat, tidak hanya amerika tapi juga eropa.... juga australia, katanya.

weatherbee menyampaikan usaha-usaha penerapan demokrasi di indonesia menular ke semua kebijakan serta inisatif perhimpunan bangsa asia tenggara (asean). seperti lahirnya piagam asean 2007 dan membeli anggotanya harus mematuhi peraturan yang ada kandungan mutu demokrasi serta penghargaan terhadap ham.

kemudian, lanjut weatherbee, indonesia dan berkontribusi penuh selama pembentukan deklarasi hak asasi manusia asean kemarin. terlalu dan di cita-cita pembentukan komunitas asean dalam 2015 dan memiliki pilar komunitas politik serta keamanan, sosial budaya juga ekonomi.

masuknya nilai demokrasi asean tak ingin terjadi tidak demokrasi dalam indonesia, ujarnya.

namun, ditermpakannya demokrasi juga tidak mudah karena sikap negara-negara asean yang baru resisten.

itu membuktikan banyak `lip service` dengan ajaran asean, katanya.

eksistensi indonesia serta terlihat di kepedulian pada negara-negara dalam kawasan. di konflik rohingya pada myanmar, indonesia berhasil menegaskan sikapnya dan menunjukkan kepedulian.

weatherbee menyatakan sikap tersebut memperlihatkan salah Salah satu bukti sifat kepemimpinan indonesia dan tidak ingin surut. saya menyaksikan tersebut sebagai posisi `natural leader`, katanya.