Sulbar optimis produksi padi satu juta ton, asal...

pemerintah provinsi sulawesi barat optimis dapat mencapai produksi padi Salah satu juta ton pada tahun 2014.

asalkan pemerintah dalam tingkat pusat membangun sarana irigasi juga bendungan yang sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan produksi pertanian pada sulbar, dengan begini target produksi padi Salah satu juta dalam tahun 2014 mau bisa terpenuhi,papar wakil gubernur sulbar, aladin s mengga, dalam mamuju, sabtu.

ia menyampaikan, dalam sulbar terkandung dua bendungan yang hendak mengairi 12 ribu hektare sawah petani yaitu dalam bendungan sekka sekka dalam kabupaten polman juga bendungan tommo dalam kabupaten mamuju.

jumlah itu masih belum lumayan mengairi sawah petani selama sulbar dan luasnya mencapai 67 ribu hektare sehingga perlu dibangun lagi bendungan dan sarana irigasi supaya seluruh areal pertanian padi memperoleh pengairan teratur yang dapat memperbaiki masa tanamnya daripada Satu kali menjadi dua kali dalam setahun, katanya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, pemerintah selama sulbar harapkan pemerintah dalam tingkat pusat membantu membangunkan bendungan selama sulbar selama rangka mendukung peningkatan produksi pertaniannya.

pemerintah pusat mesti membantu mengembangkan bendungan di sulbar untuk banyak sumber air dan hendak mengairi sawah petani selama lima kabupaten selama sulbar melalui lebih-lebih dahulu membangun irigasi teknis sebagai salurannya,ujarnya.

ia menyatakan, pemerintah di tingkat pusat mesti dan membantu intensifikasi juga eksentifikasi juga membantu penggunaan teknologi pertanian selama sulbar secara masif dengan terus menambah alokasi anggarannya dengan santunan apbn.

menurut dia, kalau santunan pemerintah maksimal dengan begini produksi padi sulbar dan selama tahun kemarin mencapai 360 ribu ton mau bisa meningkat mencapai Satu juta ton 2014.