Obama berbicara dengan Karzai pascaserangan NATO

presiden amerika serikat barack obama, selasa, menggarap pembicaraan dengan presiden afghanistan hamid karzai, yang berdasarkan kaum pejabat disebut untuk sebuah konsultasi biasa, tiga hari setelah serangan udara nato yang menewaskan 11 anak afghanistan.

gedung putih mengumumkan pembicaraan itu namun tak mengatakan apakah obama membahas tentang serangan itu, dan mendorong jatuhnya korban jiwa dari kalangan sipil juga sudah mencari marah karzai dan tinggal menguji hubungan kabul serta washington.

sebuah pernyataan gedung putih menyampaikan kiranya kaum pemimpin membahas transisi keamanan daripada nato kepada pasukan afghanistan dan upaya perdamaian dan pengakuan pimpinan afghanistan.

presiden karzai menegaskan dukungannya pada proses inklusif agar mempersiapkan pemilihan publik afghanistan dalam 2014, serta para pemimpin mencatat bahwa pemilihan umum yang bebas, adil, dan kredibel hendak penting kepada masa depan afghanistan dan berlanjutnya dukungan internasional, kata pernyataan tersebut, berdasarkan afp.

obama memuji pembicaraan karzai baru-baru ini dengan emir qatar tentang kemungkinan menjalankan kantor taliban di negara teluk tersebut agar mengakibatkan upaya rekonsiliasi di afghanistan.

Informasi Lainnya:

karzai sementara tersebut menungkapkan kiranya ia menyambut menarik serah terima kendali penjara bagram bulan lalu terhadap afghanistan. penjara itu acapkali merupakan sumber ketegangan antara washington dan kabul.

para pemimpin berkomitmen bahwa tim mereka akan terus memelihara tahanan berbahaya tidak ikut serta dalam medan perang juga bekerja sama dalam kemitraan selama fasilitas tersebut, konsisten melalui kedaulatan afghanistan.

pembicaraan telepon diantara obama dan karzai itu dilakukan sesudah pemimpin afghanistan tersebut selama hari minggu amat mengutuk serangan nato dalam provinsi kunar yang berbatasan dengan pakistan dan berdasarkan kaum pejabat afghanistan sudah menewaskan 11 anak-anak.

setelah suatu serangan udara dalam februari 2012 dan menewaskan 10 penduduk sipil, sebagian sulit wanita dan anak, karzai melarang pasukan keamanan afghanistan supaya menggarap serangan udara nato.

namun tak gamblang apakah larangan tersebut sudah dijalankan, serta banyak operasi diselenggarakan bersama-sama oleh pasukan nato serta afghanistan.

serangan terbaru tersebut terjadi sehari setelah sedikitnya lima pihak penduduk amerika serikat, tergolong asli diplomat wanita muda, tewas pada dua serangan taliban di timur juga selatan negara tersebut, demikian seperti yang dilaporkan dengan afp.