Bandara dilengkapi scanner suhu tubuh demi antisipasi H7N9

kementerian kesehatan menyiapkan alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) selama bandar udara dan pelabuhan laut internasional sebagai antisipasi penularan wabah flu burung bidang baru h7n9 yang melanda china.

kita sudah mengecek dan berbagai peralatan selama keadaan siap, cuma sudah ada kesepakatan who melalui negara kawasan asia tenggara supaya belum mengaktifkan alat itu ketika ini, kata direktur jenderal pengendalian penyakit serta penyehatan lingkungan (p2pl) kementerian kesehatan tjandra yoga aditama pada surat elektroniknya selama jakarta, senin.

dinas kesehatan di semua provinsi, kata dia, juga telah diminta supaya siaga mengamati kemungkinan munculnya persentasi flu burung selama wilayahnya, tergolong terhadap jenis baru h7n9.

saya telah mengirimkan beberapa kali surat edaran juga meng-update situasi daripada masa ke masa. dinas kesehatan juga diminta agar mencek logistik dan ada, seperti apd juga oseltamivir, tutur tjandra.

Informasi Lainnya:

rumah sakit dan diminta agar mempersiapkan sarana juga prasarana serta mewaspadai apabila ada kejadian infeksi saluran pernafasan akut (sari/severe acute respiratory infection) dan tak detail penyebabnya juga supaya ditangani dengan saksama.

rumah sakit serta diminta melaporkan kasus-kasus yang dicurigai ke ditjen pengendalian penyakit serta penyehatan lingkungan (p2pl) kementerian kesehatan, tutur tjandra.

kementerian kesehatan juga mulai melakukan kegiatan surveilans terhadap kasus penyakit menyerupai influenza (ili/influenza like ilness) dan sari dengan ketat serta menggarap koordinasi dengan kementerian pertanian untuk surveilans kepada hewan.