FSGI usulkan Kurikulum 2013 ditunda

federasi serikat guru indonesia memberi usul launching kurikulum 2013 untuk ditunda sebab dinilai belum banyak kesesuaian juga kesiapan pengajar.

sebaiknya kurikulum 2013 itu ditunda lagi, benahi saja dulu guru-gurunya, beri mereka pelatihan, tutur sekretaris jenderal fsgi retno listyarti pada seminar penguatan empat pilar kebangsaan selama dunia studi dan dengan tema mengukuhkan pendidikan kewargaan terhadap kokohnya nilai-nilai kebangsaan pada jakarta, selasa.

retno menilai guru adalah kunci kesuksesan sebuah penerapan kurikulum.

guru sudah mesti dibangun karena bagaimanapun dia adalah kucinya yang mengatur alur kemana siswa ini ingin dibawa, ujarnya.

karena itu, dia dan mengusulkan diadakannya pelatihan supaya guru-guru untuk memahami betul kurikulum jika akan diterapkan.

dia dan menolak ditermpakannya kurikulum 2013 sebab ada pilihan kompetensi dasar serta kompetensi inti yang tak dipaparkan dengan jelas.

Lainnya: Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan - Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan Online

saya menolak kurikulum ini sebab isinya tidak menggambarkan niat supaya membangun studi kita, katanya

guru studi pancasila serta kewarganegaraan (ppkn) sma 13 itu menilai sederat kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 tak terintegrasi, oleh karenanya lokasi pembelajaran besar untuk dicapai.

dalam kompetensi tersebut disebutkan siswa harus mengenal pasal-pasal, akan tetapi tidak disebutkan pasal berapa. harus berapa banyak pasal yang mesti dikuasai mereka, katanya.

bahkan, retno memberi usul agar diselenggarakan uji silahkan kurikulum 2013 itu.

di pilihan negara dan diselenggarakan uji silahkan, semisal singapura dan inggris agar tahu kekurangannya dan jangan terlalu terburu-buru diterapkan, katanya.

dia memberi usul uji coba tersebut kira-kira dalam dua tahun sebelum kurikulum itu diimplementasikan.

sementara itu, direktur pembinaan sma direktorat jenderal pendidikan menengah kementerian studi dan kebudayaan (kemendikbud) harris iskandar menyatakan kurikulum 2013 tersebut baru selama jenis dokumen rancangan (draft), makanya baru dapat dikaji ulang.

kalau banyak kritik, silakan ke badan penelitian serta pengembangan (balitbang) kemendikbud jadi bisa dikaji, dikurang serta ditambah, katanya.

dia memaparkan pihaknya serta sedang memasukkan pendidikan karakter dan budi pekerti luhur pada kurikulum itu.

jadi, kurikulum 2013 ini tujuannya adalah takwa. sebab tersebut, kita dorong prinsipnya agar memberikan porsi lebih ada pada mata pelajaran ppkn agar sd, smp dan sma, katanya.

harris menjelaskan kurikulum 2013 itu menekankan aspek olah pikir (kognitif), olah hati dan membentuk pribadi jujur, olah rasa menanamkan kepedulian dan olahraga membentuk fisik yang tangguh.

dalam kurikulum 2013, pilihan mata pelajaran hendak disederhanakan, misalnya hanya akan ada enam dibandingkan 12 mata pelajaran dan hendak diajarkan, semisal studi ajaran, (ppkn), matematika, bahasa indonesia, seni budaya juga penjaskes, akan tetapi ipa juga ips hendak dihapus.

kurikulum dan melewatkan anggaran sampai rp2,94 triliun tersebut bertujuan supaya mengantisipasi ketinggalan, mempercepat ketinggalan pelajaran juga menunjang studi nasional ke arah yang lebih menarik dan serta merupakan lokasi nasional.