Sebagian besar ijazah caleg Medan bermasalah

sebagian sulit ijazah yang disediakan bakal calon anggota legislatif yang didaftarkan partai politik ke komisi pemilihan umum kota medan bermasalah.

hampir setiap partai ada yang bermasalah, papar anggota komisi pemilihan publik (kpu) kota medan rahmat kartolo simanjuntak pada medan, minggu.

menurut rahmat, menurut verifikasi yang diselenggarakan kpu, tingkat permasalahan dalam ijazah yang disediakan bakal caleg untuk dprd kota medan tersebut cukup bervariasi.

sebagian bakal caleg tersebut ada dan melampirkan ijazah dan dilegalisir selama luar sekolahnya atau bakal caleg dan mengikuti pendidikan di sekolah negeri akan tetapi legalisirnya di perguruan swasta.

Informasi Lainnya:

ada juga bakal caleg yang mengaku kehilangan ijazahnya serta cuma mengganti melalui selembar surat pengganti dan formatnya tak pas melalui ketentuan dan berlaku.

padahal, berdasarkan surat keputusan menteri studi nasional nomor 59 tahun 2008 tentang pengesahan fotokopi dan surat pengganti ijazah, surat keterangan yang dilampirkan tersebut mesti komplit dan kualitas pendidikannya.

selain tersebut, kpu kota medan dan menemukan kehadiran caleg yang ijazahnya mencari bahasa arab secara keseluruhan makanya tak disukai merupakan ijazah serta sekadar piagam penghargaan. kita tidak hapal tersebut ijzazah atau bukan, oleh karenanya kita berkoordinasi dengan kemenag, ujarnya.

kpu kota medan juga menemukan berubahnya nama sekolah selama ijazah juga berkas yang dilampirkan seperti perubahan nama sekolah teknik menengah (stm) merupakan sekolah menengah kejuruan (smk). agar persentasi semisal tersebut, kita akan mempertanyakan ke dinas pendidikan, ujarnya.

meski ada ijazah yang bermasalah, tetapi kpu belum berani mengambil kesimpulan keberadaan bakal caleg dan membeli ijazah palsu agar mampu mengikuti pemilu 2014.