Peristiwa Yasukuni batalkan kunjungan menteri Korea Selatan ke Jepang

menteri luar negeri korea selatan, yun byung-se, telah membatalkan lawatan ke jepang sesudah perdana menteri jepang, shinzo abe, mengirim sesaji ke kuil yasukuni, kuil lambang militerisme jepang.

kantor berita korea selatan, yonhap, mengatakan, abe, benar nasionalis yang blak-blakan, pada minggu lalu, mengirimkan sesaji agar upacara pada pohon pinus kuil yasukuni. abe tak mengunjungi kuil tersebut namun dua orang menteri dan wakil kepala kabinet mengunjungi yasukuni akhir pekan kemarin.

kunjungan pejabat dipercaya jepang ke yasukuni terus mencari marah korban serangan jepang dalam waktu perang, termasuk china serta korea selatan.

kuil yasukini bagi jepang dan adalah tempat penghormatan terhadap 14 petinggi serta sejumlah orang yang gugur di perang, tapi dengan negara tetangga mereka dianggap dibuat penjahat perang. jepang pernah menganeksasi semenanjung korea juga manchuria selama china pasca perang dunia i.

Informasi Lainnya:

seorang pejabat korea selatan menungkapkan terhadap yonhap bahwa semula yun akan membahas arah hubungan bilateral jepang-korea selatan di rencana lawatannya ke jepang.

namun dengan keadaan semisal ini, selama posisi kami ingin besar agar menggarap dialog dan produktif, serta yun memutuskan agar tidak pergi ke jepang kali ini, tutur pejabat itu, dan menolak disebut namanya.