Rusia dukung Swiss tuan-rumahi perundingan Korea

menteri luar negeri rusia sergei lavrov di jumat menyampaikan mendukung gagasan swiss menuan-rumahi perundingan enam negara selama upaya meredakan ketegangan atas korea utara.

sejauh saya mengerti, swiss siap menawarkan ranah ramahnya supaya perundingan enam bagian, melalui harapan kiranya itu diadakan. kami tak menentang prakarsa itu, papar lavrov pada wartawan setelah berhadapan melalui timpalan swiss-nya, didier burkhalter.

pembicaraan tersebut, dan menyertakan korea utara dan korea selatan, cina, rusia, amerika amerika dan jepang, dibekukan dari 2009 setelah korea utara menarik diri di menanggapi hukuman perserikatan bangsa-bangsa atas kegiatan peluru kendalinya.

ada enam putaran terpisah diantara 2003 hingga 2007 serta swiss pada pekan kemarin menyediakan bantuan ketika ketegangan memuncak di semenanjung korea.

Informasi Lainnya:

negara netral swiss mempunyai lima tentara dalam garis gencatan senjata pada antara kedua korea itu, dibuat pihak dari komisi negara nonblok pemantau gencatan senjata sejak perang korea dalam 1950-an.

negara itu juga mempunyai kantor penghubung pada pyongyang, ibukota korea utara, dan komunis.

pemimpin negara terkendali ketat tersebut, kim jong-un -yang ketiga selama wangsa pemimpin kuat- menghabiskan beberapa tahun sekolah di swiss dalam bawah kedok putra pengemudi kedutaan.

menteri luar negeri amerika serikat john kerry pada jumat menyuarakan dukungan negaranya untuk korea selatan bergerak menuju pembahasan melalui pyongyang.

saat berbicara pada wartawan dalam seoul, kerry mengatakan pemimpin korea utara kim jong-un mencari kesalahan besar apabila memaksakan peluncuran peluru kendali, dan mendesak china berusaha lebih keras mengendalikan sekutunya di pyongyang.

tapi, dengan ketegangan pada semenanjung korea selama tingkat tertinggi di bertahun-tahun, kerry menungkapkan washington juga memilih menghormati pandangan president korea selatan park geun-hye, yang terpilih atas janji keterlibatan lebih besar melalui pyongyang.

president park terpilih melalui pandangan berbeda kepada kemungkinan perdamaian dan kami menghormati pandangan tersebut, papar kerry.

kami siap berusaha dengan keyakinan kiranya hubungan utara dengan selatan bisa meningkat dan mereka bisa membaik amat segeralah. saya pikir, kami sudah menurunkan retorika kami dengan berarti juga kami berusaha menemukan langkah supaya kewajaran menang pada sini, tambahnya dikutip afp.